Sabtu, 25 Februari 2012

Fisioterapi

Guys...
pasti banyak diantara kalian yang masih belum tau tentang.. FISIOTERAPI.

bahakan mungkin baru denger ....
 #OhMyGod.. Katro berarti kalian .. hheee# .. ya udah biar kalian gak katro lagi.. disini an mau mamprangin tentang apa sih Fisioterapi itu?? trus gimana ajah?? trus masalah kerjanya gimna?? hemz.... ^banyak juga yang mau aku jelasin^


oke.. kalo gitu aku ngejelasin dari apa sih Fisioterapi itu?

             Fisioterapi itu merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan ataupun suatu bentuk pengobatan untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan GERAK FUNGSI  suatu organ tubuh dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis ), pelatihan fungsi, dan komunikasi. Fisioterapi menggunakan tenaga alam sebagai alat terapinya yaitu diantaranya listrik,sinar,panas,dingin,massage dalan latihan dimana penggunaannya disesuaikan dengan batas toleransi penderita atau pun orang yang diterapi sehingga didapatkan efek pengobatan.

            Menurut Departemen Kesehatan Indonesia Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak dan komunikasi. Definisi lain daripada fisioterapi adalah merupakan ilmu yang menitik beratkan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak. Istilah yang sinonim adalah Physical therapy, Physiotherapy,  Terapi Fisik, atau kadang juga disebut pulih fisik.            
             Pelayanan Fisioterapi relative aman dari pengaruh yang dapat merugikan kesehatan karena tidak menggunakan obat-obatan atau bahan kimia , demikian pula penyinaran yang dilakukan fisioterapis bukanlah penyinaran yang dapat merusak atau mematikan sel2 tubuh seperti yang banyak dikwatirkan oleh sebagian masyarakat. melainkan sinar infra merah yang kita ketahui terdapat pula pada sinar matahari.


Sifat Layanan Fisioterapi

Dalam menjalankan tugasnya fisioterapi bersifat mandiri,dependensi,ketergantungan dan interdependensi/saling kertergantungan.

  1. Mandiri,,, Pelayanan fisioterapi yang bersifat mandiri meliputi upaya peningkatan /preventif /pencegahan /persuasive/seperti meningkatkan kebugaran dengan cara memberikan latihan-latihan tertentu.sedangkan untuk upaya pencegahan diberiakn melaui deteksi dini pada bayi yang baru lahir dan anak balita.
  2. Dependensi[ketergantungan} ... Pelayanan fisioterapi berupa kuratif spesialistik menerima rujukan dari dokter ahli seperti,Ahli syaraf,bedah,internist,anak,kandungan.
  3. Interdependesi ....  Pelayanan yang bersifat saling ketergantungan berupa pemulihan rehabilitasi yang bekerja sama dengan dengan tenaga kesehatan lainnya .Misalnya Polio,Cerebral Palsy.

  


nah... itu dia definisi daripada fisioterapi. trus bagaimana dengan kerjanya?? ya.. kerjanya di Rumah Sakit bisa, Klinik Fisioterapi bisa, buka praktek juga bisa.. 

mungkinn... segini dulu curcol tentang fisioterapi.. lain waktu... kita bincang-bincang lagi tentang fisioterapi... oke oke oke.... 

SEmoga bermanfaat ya??? ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar